Tuesday, February 10, 2009

KELAS TURKMENISTAN

Ufhhhh....
Betapa menyenangkan hari ini, kelas mahasiswa asingku berjalan dengan menyenangkan mereka sangat kooperatif dan sangat tertarik dengan apa yang kusampaikan. Bahkan di akhir kuliah seorang siswa bernama Suhrab Kadyrov memberiku sebuah gantungan kunci yang cantik. Manis sekali dia.

Berbicara tentang Turkmen ada satu hal menarik yang mereka ceritakan, di Turkmen Turkmenbashi pernah menutup semua warnet di kota ini, dan sekarang cuma ada satu warnet di Ashgabat. Harga aksesnya 100.000 Manat atau sekitar 38.000 Rupiah per jam. Semua pengunjung harus menunjukkan dokumen lengkap dan pemerintah terus memantau situs-situs apa saja yang dikunjungi.Informasi dibatasi. Bagaimana orang bisa berinternet kalau harga akses internet satu jam bahkan lebih mahal daripada tiket pesawat domestik pergi pulang? Sang Pemimpin memang membanjiri warganya dengan kebahagiaan-kebahagiaan – air gratis, bensin dan angkutan umum super murah, tetapi keran informasi tentang dunia luar disumbat. Tak ada lagi yang harus dicari-cari dari Internet, karena Ruhnama, buku maha karya sang Pemimpin Agung, sudah menyajikan jawaban akan semua pertanyaan di dunia."

satu lagi kata "bebek" di sana artinya "Bayi" so...., ketika saya bilang saya suka makan daging bebek mereka berlima terbahak-bahak, alhamdulillah hari ini menyenangkan :)